Kamis, 20 Maret 2014

Masakan Nasi Grombyang khas Pemalang Jawa tengah



Apabila kita berwisata di suatu daerah, tentunya kita akan mencoba mencari menu masakan tradisional khas daerah tersebut. Ada satu masakan tradisional yang unik, bila kita berwisata atau melakukan perjalanan di daerah Pemalang Jawa tengah. Nasi Grobyang, yaitu jenis masakan tradisional yang merupakan salah satu dari bermacam olahan nasi campur dan  merupakan ciri khas daerah Pemalang, Jawa Tengah. Sebutan nasi Grombyang ini berasal dari cara penyajiannya sendiri, dimana kuahnya dalam penyajian memiliki porsi yang lebih  dibandingkan isinya sehingga ketika dibawa kuah tersebut bergoyang-goyang atau dalam pengertian bahasa Jawa disebut grombyang.

nasi grombyang masakan khas pemalang

Nasi grombyang berbahan dasar nasi, potongan tipis daging kerbau beserta kuahnya, kemudian dihidangkan dalam mangkuk dan dilengkapi dengan sate kerbau. Untuk lebih jelasnya, berikut ini saya sampaikan cara pembuatan nasi Grombyang khas Pemalang.

Bahan Utama :
  1. Nasi putih.
  2. 0,5 kg daging kerbau.
  3. 0,5 kg iga kerbau.
  4. 1 liter air bersih.
  5. 2 lembar daun salam
  6. 2 batang serai, memarkan
  7. 2 sendok makan garam halus.
  8. 2 sendok makan gula merah jawa.
  9. Minyak goring untuk menumis
  10. 2 batang daun bawang (iris-iris tipis untuk taburan).
  11. Bawang goreng (secukupnya sebagai taburan).
Bumbu yang di haluskan :
  1. 50 gram kelapa parut (sangrai).
  2. 7 siung bawang merah.
  3. 3 siung bawang putih.
  4. 0,5 sendok the merica.
  5. 2 buah kluwek (sedu lalu ambil sedikit airnya).
  6. 3/4 sdm ketumbar.
  7. 1 cm jahe.
  8. 1 cm kunyit,bakar.
Cara Mengolah dan menyajikan :
  • Pertama kali rebus daging kerbau bersama dengan serai, daun salam lalu masak hingga daging menjadi empuk. Setelah daging empuk, kemudian angkat iga dan daging sapinya lalu rebus kembali dengan api kecil.
  • Langkah selanjutnya, panaskan minyak goreng kemudian mulailah menumis bumbu halus hingga beraroma wangi lalu tumisan tersebut masukkan kedalam kuah rebusan daging. Tambah garam secukupnya, gula merah secukupnya serta sebagian rajangan daun bawang lalu masak kembali dengan api sedang hingga matang sambil diaduk rata.
  • Sajikan bersama nasi putih ke dalam mangkok sedang, taburi bawang goreng dan daun bawang yang telah diiris-iris tipis diatasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar