Rabu, 07 Januari 2015

Soto Betawi masakan tradisional khas Betawi Jakarta


Berikut ini kami akan menghadirkan menu masakan kuliner tradisional khas betawi yaitu Soto Betawi. Soto Betawi hadir dalam kuliner tradisional khas masakan Indonesia sekitar tahun 1977-1978 , namun bukan bearti tidak ada soto sebelum tahun tersebut. Yang memopulerkan dan yang pertama memakai kata soto Betawi adalah penjual soto tionghoa Lie Boen Po di THR Lokasari / Prinsen Park, dengan ciri khas unik tersendiri. Soto Betawi layaknya soto dari daerah lainnya juga menggunakan daging sapi sebagai bahan bakunya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami sampaikan cara mengolah dan membuat soto Betawi berdasarkan resep dari rumah makan terkenal di jakarta.

soto betawi kuliner menu masakan tradisional khas nusantara indonesia

Cara membuat Soto Betawi :

Bahan – bahan yang dibutuhkan dalam membuat soto betawi

a)      600 gram daging sapi ( rebus sampai matang dan empuk)
b)      1/2 butir kelapa, parut dan ambil santannya (santan kental)
c)      3 Butir telur ayam ( rebus sampai matang )
d)     3 Butir kentang ( rebus sampai matang )
e)      2 Buah tomat ( ukuran sedang )
f)       Jeruk nipis secukupnya ( buat perasan )
g)      Bawang merah goreng secukupnya
h)      2 tangkai daun bawang, iris kecil-kecil
i)        1 ruas/ secukupnya  lengkuas ( memarkan )
j)        1 Batang sereh, memarkan ( masukkan dalam kuah )
k)      3 lembar daun jeruk wangi ( buat campuran kuah )
l)        Gula dan garam dapur secukupnya

Bumbu soto betawi yang dihaluskan :

a)      6 siung bawang merah ukuran besar
b)      3 siung bawang putih ukuran sedang
c)      5 buah kemiri
d)     1 cm kunyit, bakar sebentar agar harum
e)      1 cm jahe ukuran sedang


Cara meracik dan membuat soto betawi  :

Pertama-tama rebus daging sapi dalam 2,5 lt air putih sampai empuk, kemudian potong daging sesuai dengan selera, disarankan untuk memotongnya seukuran dadu. Jangan buang kaldunya karena nanti akan digunakan sebagai campuran kuah agar sedap. Panaskan sedikit minyak goring, setelah panas tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai mengeluarkan aroma yang harum. Setelah harum selanjutnya masukan daging yang telah dipotong-potong sebelumnya, aduk-aduk sampai semua bumbu merata kemudian baru kita tambahkan lengkuas, daun jeruk wangi, sereh yang telah dimemarkan, dan yang terakhir garam dan gula secukupnya.

Masukkan hasil tumisan bumbu dan daging sapi  ke dalam kaldu rebusan daging. Kemudian tambahkan santan kental dan aduk sesekali. Masak sampai daging empuk dan kuah menjadi berkurang. Selanjutnya, buat sambal dari 5 butir cabai merah, lumatkan sampai halus, beri sedikit gula dan garam. Selanjutnya beli kuah soto agar encer.


Cara penyajian soto betawi:


Siapkan mangkok saji,  isi dengan telur rebus iris, kentang rebus iris, dan tomat yang telah di iris. Tambahkan daging dan kuah soto kemudian taburi daun bawang yang telah dirajang halus, bawang merah goring secukupnya, dan berikan perasan jeruk nipis sesuai dengan selera. Jika anda suka, Anda bisa menambahkan diatas menu soto Betawi dengan taburan emping melinjo. Beri sambal sesuai selera. Demikian resep kuliner tradisonal khas nusantara soto Betawi yang lezat dan nikmat. Anda tertarik dengan menu ini ? Silahkan coba di rumah anda.. Salam kuliner Nusantara.

4 komentar: