Senin, 17 Februari 2014

Masakan Nasi Gandul Menu Tradisional Khas Kabupaten Pati



Nasi gandul adalah hidangan khas daerah Pati Jawa Tengah. Nasi gandul merupakan masakan yang serupa tapi tidak sama dengan nasi pindang dari daerah Kudus. Perbedaan jelas adalah anda tidak akan menemukan daun melinjo muda pada nasi gandul. Perbedaan lainnya yaitu nasi pindang kudus merupakan perpaduan  soto dan rawon, sedangkan nasi gandul  merupakan perpaduan antara masakan gule dan soto dan masakan memiliki kecenderungan manis.
nasi gandul tradisional pati

Nasi Gandul merupakan  perpaduan dari dua aneka masakan yang memiliki ciri penggunaan bumbu amat komplit. Ciri khasnya adalah empal daging kerbau (biasanya termasuk juga jeroan) yang diolah pada bumbu lengkap, lalu digoreng beberapa saat saja.Ciri khas selanjutnya apalagi kalau bukan kuah santan. Perpaduan bumbu ketumbar dan jintan menghadirkan rasa gule.Tambahan lengkuas dan bawang putih memang umum ditemukan dibahan dasar soto di wilayah Jawa Tengah bagian Utara.
Walaupun demikan tidak semua penjual nasi gandul menyajikan menu masakan ini dengan cara yang serupa tetapi secara prinsip untuk bumbunya adalah sama. Semua penjual memiliki ciri khas nya masing masing. Namun hampir semua penjual nasi gandul menggunakan daun pisang sebagai alas dan juga sebagai sendok makan. Satu lagi yang menjadi ciri khas nasi gandul adalah lauk pelengkapnya yang berupa perkedel kentang dan  tempe goreng. Walau resep masakan ini terlihat ribet dan sulit, namun hasilnya akan enak sekali. Berikut ini saya sampaikan resep dan cara mengolah masakan nasi gandul.

Bahan yang Dipersiapkan:
Persiapkan 2 kilo gram daging kerbau bersama jeroan ( usus, paru, jantung, babat, yang sudah dicuci bersih, lidah)
Persiapkan 2.5 liter santan dari 2 butir kelapa
Bahan untuk merebus daging :
9 sendok makan kecap manis
minyak sayur  secukupnya
gula merah secukupnya
garam sesuai selera
Bumbu halus untuk memasak daging (semua bahan dihaluskan) :
2 sendok teh ketumbar, 2 sendok teh jintan
2 ruas jari (4 centi meter )
lengkuas2 ruas jari
( 4 cebti meter )  kencur10 lembar daun jeruk nipis
200 gram bawang putih
100 gram kemiri
Bahan Pembuat Kuah Gandul:
1 kilo gram daging kerbau
6 butir kelapa, kupas, parut, ambil:
2 liter santan kental
6  liter santan encer
Bumbu halus kuah gandul :
3 centimeter jahe
3 centimeter kencur
4 centimeter lengkuas
2 sendok makan jintan
2 sendok makan merica atau boleh juga lada hitam
2 sendok makan ketumbar
150 gram kemiri
500 gram bawang putih
300 gram bawang merah
300 gram cabe merah yang telah direbus
Bahan tambahan :
garam sesuai selera
gula merah sesuai selera
Kecap manis sesuai selera
Cara membuat nasi gandul adalah sebagai berikut :
Cara mengolah daging :
Semua bumbu yang telah halus untuk memasak daging  ditumis menggunakan sedikit minyak goreng. Masak sampai beraroma wangi.Tambahkan semua bahan untuk merebus daging, lalu masukan daging dan jeroan. Lajutkan memasak menggunakan api kecil agar bumbu meresap pada daging. Rebus terus hingga daging menjadi lunak. Angkat daging dan jeroan lalu tiriskan,setelah air turun daging dan jeroan tadi digoreng hingga berubah warna kecoklat coklatan.

Cara membuat kuah nasi gandul :
Tetelan kerbau direbus hingga lunak, lalu dipotong potong kecil.Semua bumbu halus untuk mebuat kuah  ditumis menggunakan sedikit minyak sayur, lakukan sampai beraroma wangi.7 liter santan encer direbus dan tambahkan tumisan bumbu ke dalamnya,masukan tetelan kerbau, garam, gula merah dan kecap manis. Masukan santan kental dan terus memasak hingga mendidih, ingat harus terus diaduk supaya santan tidak pecah.

Cara menghidangkan :
Daging dan jeroan yang telah digoreng dipotong kecil kecil (biasanya para pedagang menggunakan gunting khusus untuk memotongnya ), taburkan ke atas nasi, dan disiram kuah gandul.Hidangkan saat masih hangat bersama tempe goreng atau perkedel kentang.Ukuran resep masakan kali ini hanya untuk keluarga kecil yang cukup untuk makan seharian. Demikian resep masakan Nasi Gandul khas Pati. Anda tertarik, silahkan berkunjung ke beberapa warung makan atau restoran daerah Pati atau mencobanya dirumah. Salam kuliner....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar