Rabu, 19 Februari 2014

Soto Lamongan Masakan Khas Jawa Timur



Soto Lamongan adalah  masakan khas daerah Lamongan Jawa Timur. Masakan dengan ciri khas rasa khas dengan warna kunyit serta koya yang ditaburkan menjadikan masakan berkuah ini sangat disukai oleh  para pecinta kuliner nusantara. Untuk membuat masakan ini sangatlah mudah dan sederhana dengan bumbu yang mudah didapatkan di sekitar kita. Berikut ini resep dan bumbu Soto Lamongan serta cara pengolahannya :
soto lamongan masakan tradisional jawa timur

Bahan Utama:
1 ekor ayam kampung (berat  900 gr)
2 sendok makan minyak goreng untuk menumis
1 ruas jari jahe, memarkan
4 cm lengkuas, memarkan
3 butir cengkeh
garam secukupnya

Bumbu yang dihaluskan:
6 buah bawang merah
5 siung bawang putih
½ sendok teh merica utuh
1 sendok teh ketumbar yang telah di sangrai
6 butir kemiri yang telah di sangrai
2 cm potongan kunyit.

Bahan pelengkap:
50 gram suun, seduh air panas hingga lunak, tiriskan dan potong potong.
50 gram kobis iris halus
2 batang daun seledri, iris halus
2 sendok makan bawang goring
Kecap manis secukupnya
1 sendok makan bawang putih goreng
3 butir telur ayam rebus, iris bulat
kerupuk udang, sambal cabai rawit rebus, jeruk nipis, iris untuk perasan.

Cara membuat:
Rebus ayam kampong dengan 2 liter air, sampai empuk dan matang. Angkat ayam yang telah direbus dan potong kecil-kecil, dan sisihkan kaldunya.
Panaskan minyak goreng , tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai mengeluarkan aroma harum, tuang 4-5 sendok kaldu ayam, masukan jahe yang telah dimemarkan, lengkuas yang telah dimemarkan, cengkih, serta garam dapur secukupnya. Aduk aduk sampai tercampur merata. Masak selama lebih kurang lebih 5 menit,lalu masukkan sisa kaldu. Masak di atas api kecil atau sedang  hingga kaldu kembali bergolak dan masak terus selama 25 menit. Angkat.
Cara menghidangkan:
Taruh potongan daging ayam kampung dalam mangkuk, beri suun, irisan kobis, irisan seledri, dan telur yang telah di potong. Tuang kuah soto yang masih panas. Taburkan bawang goreng dan bawang putih goring diatasnya. Hidangkan dengan sambal cabai rawit rebus, kerupuk udang dan irisan jeruk nipis serta kecap manis. Menu disajikan untuk 6 porsi.Demikian resep pembuatan soto Lamongan, mudah bukan ? Silahkan mencoba. Salam kuliner…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar